8 Alasan Memelihara Ikan Hias di Rumah

manfaat-memelihara-ikan-hias

Ikan hias bukan hal baru bagi pemilik rumah yang menginginkan ada bentuk kehidupan lain. Tentu saja sobat tak kaget lagi kan ketika masuk ke rumah orang lain melihat akuarimun raksasa terpampang di salah satu sudut rumahnya.


Berdasarkan penelitian, ikan hias termasuk hewan peliharaan manusia yang menempati urutan ke-3 setelah anjing dan kucing. Jadi jangan anggap orang-orang yang memlihara ikan hias itu nggak punya nilai lebih.


Lalu, apa sajakah manfaat dari memeilihara ikan hias? Dari beragam sumber dapat saya simpulkan sebagai berikut:

1. Manfaat Kesehatan


Eit jangan tersenyum dalam hati atau tertawa ditahan sobat. Tak sedikit lho hasil penelitian yang mengemukakan, hadirnya ikan di akuarium berdampak pada kesehatan pemilik rumahnya.


Ada empat hal yang dapat terkurangi tatkala seseorang memandangi ikan hias, yaitu:


  • Mengurangi tingkat stres
  • Mengurangi tekanan darah.
  • Mengurangi detak jantung.
  • Memperbaiki gaya hidup penderita alzheimer.

Menurut Dr Schwartz, akuarium memiliki kekuatan yang mampu membuat perasaan sobat lebih rileks. Apalagi ditambah suara air bergemericik melalui pompanya.


Selanjutnya Universitas Plymouth dan Exeter mengeluarkan hasil penelitian yang bermanfaat. Ternyata melihat akuarium ikan hias mampu menurunkan detak jantung dan tekanan darah secara signifikan.


Ada juga sebuah studi pada tahun 1990-an yang mengatakan akuarium cerah meningkatkan nafsu makan penderita alzheimer. Perilaku-perilaku yang menggangu pun jadi berkurang.

2. Tidak Menimbulkan Bunyi Berisik


Mendenfar suara hewan peliharaan belum tentu selamanya membuat tenang. Misalnya kambing atau sapi. Ada masa di mana mereka akan bersuara keras. Sedikit banyak sobat akan merasa terganggu, bukan?


Berbeda jika memelihara ikan hias. Gerakan ikan nyaris tak menimbulkan bunyi. Meski seeor ikan bergerak cepat untuk menangkap mangsa misalnya, paling hanya terdengar suara percikan.


Tak salah jika memandangi ikan dalam akuarium akan menimbulkan ketengan jiwa. 

3. Mengajarkan Anak Sayang Binatang


Memelihara ikan hias juga dapat digunakan orang tua untuk mendidikn akank-anaknya belajar mencintai mahluk hidup lain. Jika anak sering diajak memberi makan ikan hias, mengganti airnya yang kotor dan membeli ikan di toko ikan, akan muncul kedekatannya dengan ikan.


Seiring dengan berjalan dan perkembangan usianya, anak akan membawa kenangan itu sehingga memunculkan mental bertanggung jawab. Pada akhirnya kepedulian mereka untuk merawat sesama makhluk hidup juga terasah.


Belajar juga bisa ditanamkan tentang kematian ikan. Tentu anak-anak merasa kehilangan ketika ada ikan yang sudah lama dipelihara tiba-tiba mati.


Saat itulah sobat bisa menyelipkan pelajaran berharga bahwa semua yang hidup suatau saat akan meninggal. Tentu saja harus diajarkan bagaimana harus menyikapinya.

4. Tidak Butuh Tempat Luas


Memelihara ikan tidak seribet memelihara kuda. Untuk memlihara kuda sobat harus menyiapkan tempat serta kandang yang cukup kuat. Sementara memelihara ikan hanya membuatkan meja kecil untuk menaruh akuarium.


Katakanlah rumah sobat adalah Rumah Sangat Sederhana, namun tidak akan kesulitan kalau hanya menempatkan sebuah akuarium. Bahkan kalau memang tak cukup, bisa menggunakan botol kaca lain. Seperti mereka yang memelihara ikan gupi atau cupang.  

5. Tidak Menguras Uang


Jangan selalu berpedoman untuk memilihara ikan yang harganya selangit. Kalau mau bijaksana, banyak kok jenis ikan hias yang harganya sangat terjangkau. Silakan ke toko ikan lalu temukan mana yang menarik hati lalu tawarlah kalau perlu.


Kalau yang sobat inginkan adalah jenis ikan ikan berkualitas ya bisa mengurasi isi kantong. Bahkan untuk yang jenis ini, anakannya saja sudah membuat sebagian besar orang geleng-geleng kepala.

6. Tidak Ribet Merawat


Kebanyakan ikan hias tidak membutuhkan perawatan khusus dan berbelit-belit. Tentu saja kondisi ini akan memudahkan sobat mengelola aktivitas yang lain.


Kecuali sobat memang menekuni usaha ikan hias, wajar setiap waktu berkutat dengan ikan. Namun kalau memiliki pekerjaan utama lain, saya rasa tidak akan mengganggu kesibukan itu.


Coba pandangi ikan dalam akuarium sobat, bukannya meminta perhatian lebih. Ikan-ikan itu justru menari-nari dengan lincahnya seolah memberikan hiburan gratis buat sobat.


Namun demikian, jika ikan merasa sobat pelihara dengan kasih sayang ia juga akan merasa cemas jika ditinggal berhari-hari. Karenanya tetap dibutuhkan komitmen yang tinggi agar hubungan itu tetap terjaga secara dinamis.

7. Menambah Nilai Aura Rumah


Ikan yang bagus, gerakannya indah bisa lho membuat tamu-tamu di rumah sobat betah berlama-lama. Karena kehadiran ikan hias memang memberikan nilai tambah pada sebuah rumah.


Pemilihan ikan yang tepat, ukuran akuarium yang sesuai, pencahayaan yang sempurna bukan hanya membuat keindahan itu pada ikan semata. Ruangan rumah sobat pun jadi lebih nyata sebagai sebuah keindahan.

8. Keindahan Mendalam


Efek keelokan ikan hias, bagi sebagian orang akan membutuhkan berlembar-lembar kertas kosong untuk mengungkapkannya. Seperti penghobi lainnya, gemar memelihara ikan akan akan mempercantik hunian sobat. 


Kehadiran air di dalam ruangan dengan mahluk hidup berenang di dalamnya adalah sebuah keindahan. Hal kecil namun memberikan efek besar bagi sobat dan orang lain yang melihatnya.


Jadi tertarik ingin memelihara ikan? Semoga artikel mengenai manfaat ikan hias ini bermanfaat bagi sobat semua. ***

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel