How to Catch Bird (Cara Menangkap Burung Termudah) di Sawah

cara-menangkap-burung-5

Cara menangkap burung akan menjadi pekerjaan yang susah bagi mereka yang tidak tahu ilmunya sama sekali. Tetapi tidak semua sesuatu yang sukses dikerjakan orang lain akan gagal jika dilakukan orang yang berbeda.

Mungkin teknik cara menangkap burung yang akan saya tuliskan di bawah ini juga bisa kalian lakukan sendiri. Istilahnya do it your self atau bisa dikerjakan sendiri. Sebenarnya rata-rata orang dewasa bisa melakukannya, namun setelah mengetahui caranya.

Untuk melakukan penangkapan burung di sawah atau tegalan, tidak dibutuhkan skill atau keterampilan khusus. Karena setiap langkahnya tidak menggunakan teori yang rumit. Juga tidak memerlukan hitung-hitungan yang njlimet dan memusingkan kepala. Baca juga racikan minuman lovebird agar ngekek panjang.

Perlengkapan untuk Manangkap Burung

Jika kalian berkenan untuk mengikuti langkah dalam artikel ini, sebaiknya mengetahui apa saja yang harus ada. Harus sama artinya dengan wajib, maksudnya ya harus ada. Kalau nggak ada ya diada-adakan, wah sulit ini hehe.

Berikut ini adalah peralatan yang harus kalian persiapkan agar cara menangkap burung termudah ini sukses dilakukan.

1. Dua Bilah Bambu 

cara-menangkap-burung-3

Carilah dua bilah atau potong bambu dengan tinggi kira-kira empat meter. Ukurannya tidak usah besar-besar karena akan berat saat mengangkatnya ke sawah.

Tujuan kita ialah menangkap burung, bukan begitu sampai sawah langsung tereletak di pondok karena kecapekan mengangkat bambu. Soal ukuran garis tengah atau diameter bambunya kira-kira saja. Yang penting bisa menahan jaring di kedua ujungnya.

Bambu kering atau basah sama saja. Bila tak ada bisa diganti dengan batang pohon lain. Atau bisa juga menggunakan dua batang pohon yang masih hidup. Pada dasarnya dua bilah bambu ini sebagai pembatas ujung jaring burung yang dibentangkan.

2. Jaring Burung

Namanya juga menangkap burung termudah, maka peralatannya juga harus mudah. Tidak usah yang mahal-mahal. Kalau kalian bisa merajut jaring burung sendiri silakan dibuat. Tetapi kalau tidak sanggup, lebih baik membelinya saja.

Sebagai contoh, jaring burung dengan lebar 30 meter tinggi 2 meter harga di pasaran berkisar Rp50 ribuan bahkan bisa di bawahnya. Dengan bentang lebar jaring 30 meter, cukuplah untuk berpeluang menangkap burung di sawah yang mengganggu tanaman.

Biasanya jaring jenis ini terbuat dari nilon atau senar. Nah hal yang harus kalian waspadai jika membeli jaring burung apalagi online ialah ukuran lubang anyamannya. Soalnya burung sawah itu ukuran badannya kecil, jangan sampai dikirimi jaring yang lubangnya lebih besar. Saya sama saja bohong, burungnya akan dengan mudah menerobos melalui lubang jaring.

3. Tali

Cara menangkap burung termudah juga membutuhkan tali. Gunanya untuk menahan jaring pada bagian atas dan bawah. Selain itu juga dipakai untuk menahan bilah bambu agar tetap berdiri dan tidak tumbang. Silakan gunakan tali jenis apa saja, yang penting mudah digunakan.

4. Sangkar Burung

cara-menangkap-burung-4

Sangkar burung ini digunakan untuk memasukkan burung yang tertangkap karena terjebak oleh jaring. Bawa saja sangkar sederhana, tidak usah yang bagus karena akan kerepotan sendiri nanti.

Itulah tadi peralatan tempur ketika bica how to catch birds dengan cara termudah di sawah. Baca juga cara merawat burung kenari agar gacor

Memasang Jaring untuk Penangkap Burung

Yakin semua peralatan di atas sudah terpenuhi? Saatnya kita merangkai atau memasang bagian demi bagian. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

1. Letakkan salah satu bilah bambu di ujung pematang sawah. Lalu letakkan juga bilah satunya di ujung yang lain. Ingat, panjang atau lebar jaring burungnya ialah 30 meter, jadi usahakan terbentang semua.  Kalau memang tidak bisa lurus, bisa dibelokkan atau membentuk sudut. Berarti butuh bilah bambu tambahan.

2. Ikat ujung atas bilah bambu dengan tali. Tali ini akan dipakai untuk menahan bilah bambu agar tidak roboh. Ujung talinya bisa diikatkan di akar pohon atau sesuatu yang cukup kuat.

3. Ikatkan juga di ujung bambu atau agak ke bawah tali penahan bagian atas jaring.

cara-menangkap-burung-6

4. Tarik tali penahan bagian atas jaring burung dari tempat satu bilah bambu ke bilah bambu yang lain. Kita sebut saja jaraknya 30 meter sesuai lebar jaring burung yang kalian beli.

5. Setelah kedua ujung tali penahan bagian atas jaring diikatkan pada kedua bilah bambu, angkat atau berdirikan bilah bambu lalu tancapkan ke lumpur sawah.

6. Tahan kokoh berdirinya dengan tali yang tadi juga disiapkan seperti pada langkah nomor 2 di atas.

7. Tarik hingga tali penahan ini kencang. Jika tidak kencang maka bentangan jaring burung akan melengkung terlalu banyak di tengah.

8. Di ujung bagian bawah jaring burung juga ada talinya, tetapi tidak usah diikat terlalu kuat. Biarkan saja ikat di bambu agak kendor untuk memberikan efek jeratan di kaki atau bagian tubuh burung. Bagi kalian pencinta ikan hias, baca yang ini.

Cara Menangkap Burung ... Santai Saja

cara-menangkap-burung-2

Tara... jaring burung kita sudah terpasang dengan rapi. Kalau ada gubuk di sawah silakan digunakan untuk bersantai. Namun tetap awasi burung-burung yang beterbangan lalu hinggap di tanaman sawah. 

Jika perlu ambil beberapa bongkah tanah atau potongan kayu dan lemparkan ke arah kawanan burung yang memakan tanaman di sawah.

Saat burung beterbangan, nalurinya mengatakan ia tak akan terbang ke arah manusia yang melamparnya. Kecuali burungnya gede banget, malah manusianya yang lari hehe.

Apa artinya? Ada kemungkinan mereka terbang ke arah jaring yang terpasang. Jaring burung ini bahannya nilin berukuran kecil, tidak tampak jelas saat sudah dibentangkan. Demikian juga dengan burung, tidak akan menyadari mendekati jaring.

Ketika kalian melihat ada sesuatu tertempel di jaring, larilah atau bergegaslah dan lepaskan burung malang dari jeratan jaring. Masukkan burung-burung yang tertangkap ke dalam tempat yang sudah disiapkan.

Nah, cukup mudah bukan cara menangkap burung termudah di sawah? Semoga bermanfaat. ***

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel